![]() |
| Sekda Banten : SKPD Di Minta Cepat Tanggap |
Sekda Banten : SKPD Di Minta Cepat Tanggap - SERANG, (KB).- Sekretaris daerah (Sekda) Banten Kurdi Matin mengingatkan agar satuan kerja perangkat daerah (SKPD) cepat tanggap dalam menindaklanjuti aspirasi publik yang disampaikan melalui media massa. "Ketika ada pemberitaan positif maupun negatif di media massa berkaitan dengan publik, SKPD harus cepat-tanggap dalam menindaklanjuti aspirasi publik tersebut. SKPD juga harus memberikan ruang konsultasi aspirasi untuk berita yang ditanggapi," kata Kurdi, dalam Rapat Pengelolaan Aspirasi Masyarakat dengan SKPD di Lingkungan Pemprov Banten, di Aula Setda Provinsi Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Rabu (13/5/2015).
Menurut dia, citra positif Pemprov Banten dapat terbangun dengan sendirinya seiring dengan kinerja pegawai yang menjunjung tinggi aturan perundang-undangan. “Membangun citra yang positif adalah bekerja dengan sebaik-baiknya sesuai dengan aturan yang ada. Meskipun pemberitaan negatif maupun aksi unjukrasa dapat membangun citra negatif, tetapi jika pegawai melakukan tugasnya dengan benar, dengan sendirinya akan menampik citra negatif itu,” tuturnya.
Dosen Komunikasi STIKOM Wangsa Jaya Banten Muhammad Toha, mengatakan, peran media sebagai pembentuk citra tidak bisa dipungkiri efektifitasnya. Membangun pencitraan yang efektif bukanlah hal yang mudah. “Dibutuhkan waktu yang relatif lama, bukan serba cepat atau instan. Ini berkaitan dengan soal waktu dan intensitas pesan yang hendak ditanamkan kepada masyarakat atau publik.
Semakin lama dan semakin intens pesan dibangun, maka citra akan mudah terbangun," ucapnya. Oleh karenanya, peranan humas pemerintah menjadi sangat penting, untuk meningkatkan kelancaran arus informasi dari pemerintaah kepada masyarakat atau sebaliknya. “Humas juga harus meningkatkan sinergitas dan koordinasi dalam penyebarluasan informasi tentang kebijakan pemerintah sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat,” katanya.

No comments:
Post a Comment